Thursday 29 May 2014

DRAMA TEMA PENDIDIKAN UNTUK 5 ORANG ke-2



Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
Hai Sahabat Blogger!! Apa kabar disana?? Mudah-mudahan baik-baik saja yach!! Aamiin
Kali ini, postingan ke-13ku temanya sama dengan postingan ke-12, hanya saja naskah dan ceritanya beda. Selamat membaca!!
SUKA DUKA DI RAJAWALI
Karya : Isna Pujianti
      Kami akan menampilkan sebuah drama singkat bertema pendidikan, dengan judul “ SUKA DUKA DI RAJAWALI”
      Sebuah perjalanan hidup pelajar SMA Rajawali yang dipenuhi oleh rintangan, suka duka, dan canda tawa. 5 orang pemain yang masing-masing mempunyai karakter yang berbeda.
&  Nina Ratudiang, seorang yang cerdas, baik hati tapi memiliki keterbatasan ekonomi
&  Cyntia Angelika, seorang yang sombong, angkuh dan kaya
&  Karina Widyastuti, sahabat dari Cyntia yang juga sombong
&  Reni Kartini, sahabat Nina yang kaya tapi baik hati tak seperti Cyntia dan Karin
&  Ibu Sinta, guru yang baik hati
Dia Nina Ratudiang, Seorang anak tukang sayur yang beruntung dapat bersekolah di SMA Rajawali. Salah satu sekolah unggulan di daerah mereka.
Tentu, semua orang ingin menjadi bagian dari sekolah tersebut. Untuk menjadi penjaga sekolah saja, harus pakai tes. Nina memang anak yang kurang beruntung di bidang ekonomi, tetapi dia masih diberkahi akal fikiran dan kemauan sekolah yang tinggi. Yah, itulah yang membuatnya dapat bersekolah dengan bantuan beasiswa. Dan tidak akan menyai-nyiakan kesempatan emas tersebut.
Di sekolah (Tepat di depan majalah dinding yang menempel pengumuman mengenai beasiswa)
Nina       : Alhamdulillah, aku berhasil dapetin beasiswa itu lagi.  Berarti aku masih bisa melanjutkan sekolah disini
(Teman-teman yang berada di dekat Nina memberikan selamat)
Si cewek sombong nan angkuh tiba-tiba datang
      Mereka Cyntia Angelika dan Karina WIdyastuti, dua cewek kaya nan cantik tetapi otaknya tak sepandai Nina, yah itu yang membuat mereka selalu mengucilkan Nina. Tetapi, menyadari keadannya. Nina tidak pernah menantang mereka.
Cyntia      : Hahaha, kasian yah. Orang yang bersekolah di rajawali hanya bersandar pada beasiswa. Kasian banget gitu
Karin       : Iya Cyin! Kalo beasiswa nya udah hilang, gimana dong?
Cyntia     : yah,  jadi gembel dong! Hahaha
(Cyntia dan Karin pergi meninggalkan Nina tanpa merasa bersalah sedikitpun)
Nina seketika menunduk dan meratapi omongan Cyntia dan Karin
Nina        : Ya Allah, mungkin mereka benar. Aku seharusnya tidak disini, aku disini cuma karena beasiswa. Orang tuaku? tentu saja tidak dapat membiayaiku.
Tiba-tiba Reni, teman sebangku Nina datang dan merasa penasaran dengan apa yang difikirkan Nina
Reni       : kamu kenapa Nin?
Nina       : Gak kok Ren, sejak kapan kamu disini?
Reni       : Ah itu gak penting, Ayo cerita sama aku Nin! Kamu gak usah canggung aku mengerti kok sama kamu.
Nina       : Gak Ren, aku gak papa kok! Yasudah, aku pulang duluan yah! Aku mau jualan. Nanti kesiangan lagi
Reni       : Yaudah Nin, aku juga mau balik kok! Ini lagi tunggu papaku. See you tomorrow
Nina       : See you Ren!
Dia Reni Kartini, seorang anak pejabat yang baik hati. Dia memang anak orang kaya, tetapi dia tidak seangkuh dan sesombong Cyntia dan Karin. Dia teman sebangku Nina semenjak Nina masuk menjadi siswi SMA Rajawali.
Seperti biasa, Kegiatan Nina sepulang sekolah yaitu berkeliling menjajakan nasi dan lauk buatan ibunya. Meski bersekolah dengan beasiswa, dan tidak perlu membayar sepeserpun. Tetapi Nina masih rajin bekerja untuk membantu ekonomi keluarganya.
Nina       : Nasi Bu, Nasi! Lauknya juga ada bu. Ayo masih panas Pak, Bu!
Reni       : Hey Nin! Ayo sini, aku mau beli. Kebetulan aku belum makan siang
Nina       :Eh Reni, kamu kok disini? bukannya rumah kamu tuh, di Jl.Nusantara yah?
Reni       : Haha, gak kok. Ini juga salah satu rumah ayah aku. Eh, aku mau beli dong. 3 bungkus yah!
Nina       : Apa? tiga? Kamu kan Cuma sendiri disini.
Reni       : biasa aja lagi Nin, nanti tuh bi Ija dan Pak Tono mau kesini. Pasti mereka juga belum makan
Nina       : okelah, Ini! (Memberikan 3 bungkus nasi)
Reni       : ini uangnya Nin! Kembaliannya ambil aja.
Nina       : Makasih yah, yaudah. Aku duluan yah! jualanku masih banyak nih. Bye Ren!
Reni       : Bye. Eh, Aku bantuin kamu yah? Aku juga bete nih tinggal disini sendiri
Nina       : Beneran? yaudah deh, ayo!
Nina dan Reni : Nasi bu, Nasi pak! Ayo dibeli, masih hangat pak, bu!
(Cyntia dan Karin melintas tepat disamping Nina dan Reni)
Karin      : Hey kamu! si penjual nasi!
Nina       : iya? mau beli berapa bungkus non? (menengok kebelakang) Ha? kalian?
Cyntia     : Hahaha, kamu kira siapa? Kamu kira, kita tuh beneran mau beli dagangan kamu? yah enggak lah, gak level banget gitu!
Reni       : Eh, kalian kalo gak mau beli gak usah! gak pake hina juga kali!
Karin      : Hey Reni!! kamu juga ikut jualan? Oh My to the God!
Cyntia     : Kamu udah gila yah Ren? Atau udah ketular virus gembelnya si Nina?
Reni       : Kalian jaga yah ucapan kalian! Ayo Nin, orang seperti mereka gak boleh diladenin!
Nina       : Yaudah Ren, Kita pulang aja deh. Aku duluan yah, makasih udah ditemenin.
Reni       : Anytime Nin!
Akhirnya mereka berdua kembali ke rumah masing-masing
(Di malam hari, Nina termenung di teras rumahnya)
Nina       : Ya Allah, apa salah dan dosaku kepada mereka? Aku tidak pernah merasa cari masalah dengan Cyntia dan Karin. Tetapi, kenapa mereka begitu membenci dan menghinaku ya Allah. (Ucapnya dalam hati)
      Keesokan harinya, mereka sampai disekolah dan  tiba saatnya untuk Nina, Reni, Cyntia, dan Karin menghadapi ulangan matematika. Nina memang sudah mempersiapkan dirinya. Tetapi, seperti biasa pasti Cyntia dan Karin lupa akan jadwal ulangannya hari ini.
Reni       : Hey Nin! ajarin aku soal yang ini dong, aku gak paham nih. Katanya sih soal kayak gini masuk diulangan
Nina       : Nah, ini caranya kayak gini. Kamu tinggal masukin rumusnya aja
Cyntia     : Heey Karin, kita emangnya mau ulangan yah? (Dengan muka shock)
Karin      : Sejak kapan  lo bertanya soal ulangan? Lo udah insyaf yah? haha, sejarah banget gitu
Cyntia     : Eh, gue serius tau Rin! Lo tau kan, si Ibu Sinta tuh killer banget. Mati deh kita
Karin      : Kan kita bisa nyontek! simple kok~
(Bel sekolah berbunyi, dan nampak ibu Sinta menuju kelas mereka)
      Ibu Sinta adalah salah satu guru di SMA Rajawali, dia adalah guru matematika yang sangat killler dan ditakuti oleh semua siswa. Tetapi, meski demikian dia sangat menyayangi Nina. Beliau lah yang mengurus beasiswa Nina selama bersekolah di SMA Rajawali. Maka dari itulah, Nina sangat menghormati dan berutang budi dengan beliau.
Ibu Sinta : Selamat pagi anak-anak!
Semua siswa : Pagi bu!
Ibu Sinta : Hari ini ulangan kan? kemaskan buku kalian, dan hanya ada sebuah pulpen diatas meja.
Semua siswa : Baik bu
(Ibu Sinta membagikan lembar soal ulangan matematika, dan ulangan pun dimulai)
Cyntia     : Eh, aku tuh gak tau apa-apa. Ini sulit banget (Sambil mencolek Karin)
Karin       : Jawab aja deh apa yang lo tau
Cyntia     : Aku kan udah bilang, aku gak tau.
Karin       : Eh, gue punya ide
Cyntia     : Apaan?
Karin      : Sini deh aku bisikin!
Cyntia     : Ahhha! So good idea!
Cyntia dan Karin : Oke fix
Ibu Sinta : Cyntia! Karin! jangan banyak gerak, kalian sedang ulangan!
Cyntia dan Karin : Baik bu..
(Beberapa lama kemudian, Nina dan Reni mengumpulkan lembar jawaban ulangan mereka)
Ibu Sinta : Baiklah, kalian boleh keluar.
Reni dan Nina : Baik bu
Ibu Sinta : Anak-anak, ibu tinggal ke toilet sebentar yah. Kalian jangan bikin keributan!
Semua siswa : siap bu!
Karin       : Ini waktu yang tepat Cyn!
Cyntia     : Oke, Ayo kita lakukan!
(Mereka berdua menukar lembar jawaban Nina dengan lembar jawaban kosong, dan menggantinya dengan lembar jawaban mereka)
      Setelah beberapa lama, tiba waktu pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing. Dan tampak beberapa siswa yang masih menunggu jemputan maupun menunggu bis sekolah. Nina dan Reni pun turut menunggu bis sekolah, dikarenakan sopir pribadi Reni sedang pulang kampung.
Reni       : Nin, aku ikut ke rumahmu yah? di rumahku gak ada orang nih.
Nina       : Oke Ren!
(Beberapa lama kemudian, akhirnya mereka berdua sampai dirumah Nina)
Nina       : Mau minum apa Ren?
Reni       : Gak usah Nin, aku gak haus kok.
(Tiba-tiba, Handphone Reni berdering dan ternyata telfon dari Ibu Sinta)
Reni       : Halo, Assalamualaikum. Iya bu, Aku Reni. Nina yah bu? iya aku lagi sama Nina kok bu. Oh, baik bu. Kami segera kesana.
Nina       : Telfon dari siapa sih Ren? kok Serius banget?
Reni        : Kita harus ke ruangan Ibu Sinta sekarang, kayaknya sih ada masalah gitu. Ibu Sinta tungguin kita di Sekolah. Kamu harus menghadap ke ibu.
Nina       : Aku? Ada masalah apa yah? Ya sudah, ayo kita berangkat sekarang!
(Mereka langsung bergegas menuju sekolah, dan tak lama kemudian mereka akhirnya tiba disekolah)
Reni       : Aku tunggu di luar yah!
(Nina menunduk tanda setuju dengan ucapan Reni, Seraya mengetuk pintu ruangan ibu Sinta)
Nina       : Assalamualaikum Bu.
Ibu Sinta : Walaikum salam, ayo duduk Nina.
Nina       : Ada apa yah bu? Tidak biasanya ibu memanggil saya diwaktu pulang sekolah seperti ini.
Ibu Sinta : Maafin ibu yah Nina, ibu mengganggu waktumu. Tetapi, ini itu masalah penting. Dan ibu tidak mau ada orang yang tau selain kita.
Nina       : Masalah bu? Ada Apa yah? (Seketika Nina kaget)
Ibu Sinta : (Dengan intonasi marah) Ada keganjalan yang ibu temukan di lembar jawaban ulangan kamu. Kenapa kamu tidak menjawab satu soal pun? Padahal kamu itu murid terpintar di kelas, kamu juga penerima beasiswa. Kamu  itu seharusnya menunjukkan kalau kamu memang pantas mendapatkan beasiswa dengan kemampuan yang kamu miliki.
Nina       : Apa bu? Demi Allah, Aku menjawab semua soal yang ibu berikan. Aku mohon bu, jangan cabut beasiswa aku bu. Aku akan buktiin kok bu. Kalau aku memang pantas mendapatkan beasiswa itu.
Ibu Sinta : Ibu sangat kecewa dengan mu Nina, Ibu akan membicarakan hal ini dengan Pak Kepala Sekolah. Kamu harus siap jika beasiswa kamu akan dicabut. Ini bukti  lembar jawaban kamu, dan ini sudah tidak dapat ditoleran.
(Sambil menyodorkan lembar jawaban yang tadi ditukar oleh Cyntia dan Karin)
Nina       :  Maaf bu, tapi ini itu bukan lembar jawaban saya. Di tulisannya juga bukan tulisan saya bu. Mungkin lembar jawabannya ketukar bu.
Ibu Sinta : (dengan nada kesal) Kamu jangan banyak alasan Nina, disini itu jelas-jelas nama kamu yang     tertulis. Kamu jangan mencoba cari alasan yah  Nina.
Nina       : Sumpah bu, coba ibu perhatikan dengan seksama. Ini itu sangat berbeda dengan tulisan ku Bu.
Ibu Sinta : Ibu pusing Nina, sekarang kamu boleh pulang. Ibu akan selidiki kasus ini dulu.
Nina       : Baik bu, saya pulang dulu bu. (Sambil mencium tangan Ibu Sinta)
      Selepas dari itu, Nina merasa sangat sedih. Dia tidak sanggup jika beasiswamya harus dicabut. Karena jika hal itu terjadi, berarti dia tidak dapat bersekolah lagi dan harapannya untuk membanggakan orang tuanya akan musnah.
      Keesokan harinya, untuk pertama kali Nina merasa tidak semangat untuk kesekolah. Dia takut akan ada pengumuman bahwa beasiswanya dicabut.
(Bel masuk pun berbunyi, dan nampak Ibu Sinta berjalan terburu-buru menuju kelas Nina. Nina menghela  nafas)
Ibu Sinta : Selamat pagi anak-anak!
Semua siswa : Pagi bu!
Ibu Sinta : Ibu punya informasi penting hari ini, dan ibu harap kalian bisa berkata jujur. Siapapun itu!
(mendengar perkataan Ibu Sinta, semua siswa merasa bingung dan saling berbisik)
Ibu Sinta : Ibu ingin kalian jujur, siapa yang menukar lembar jawaban ulangan Nina dengan lembar jawaban kosong? Ibu mohon siapapun itu, kalian harus jujur
Cyntia     : Ha? kok ibu bisa tau?
Karin      : Eh, jangan berisik. Nanti ibu curiga!
Ibu Sinta : Cyntia! Karin! kalian tau?
Cyntia     : Tii... tidak kok bu.
Ibu Sinta : Kalian jangan bohong! jika tidak ada yang mengaku, hal ini akan dibicarakan dengan pemilik yayasan dan jika pelakunya diketahui, akan di Drop-out dari Rajawali.
(Seketika Cyntia dan Karin kaget)
Cyntia dan Karin : Apa? D-O?
(Mendengar Cyntia dan  Karin, seketika semua menengok ke arah mereka)
Ibu Sinta : Kalian kenapa? ibu semakin curiga dengan kalian. Apa kalian pelakunya? Ayo ngaku!
Cyntia     : Maaf bu, kami Cuma iseng kok.
Nina       : Apa?  Iseng? Kalian fikir, ini permainan? kalian itu bisa merusak pendidikanku. Aku gak bisa apa-apa tanpa beasiswa (dengan nada merintih)
Ibu Sinta : Cyntia dan Karin akan ibu laporkan ke pemilik yayasan untuk ditindak lanjuti.
Cyntia     : Matilah kita Karin L
Nina       : Maaf bu, aku pikir alangkah baiknya kalau hal ini kita selesaikan dengan negosiasi. Aku juga sudah maafin mereka kok bu. Mungkin kemarin mereka khilaf.
Ibu Sinta  : Mulianya hati kamu  Nina, baiklah. Ibu tidak akan melaporkan mereka.
Cyntia     : Makasih Yah Nina, kamu memang anak yang baik. Maafkan kelakuan kita selama ini yah.
Karin      : Aku juga Nin. Maaf  yah
Nina       : Gak papa kok. Aku udah maafin kalian.
      Setelah kejadian itu, Cyntia dan Karin tidak pernah lagi menjaili dan menghina Nina. Mereka bahkan sering datang ke rumah Nina untuk belajar bersama. Dan mulai saat itu pula, Mereka berempat bersahabat.
Amanat    :
Ø  Jangan membedakan orang berdasarkan kasta, derajat, dan hartanya. Karena kita semua sama di mata Allah swt.
Ø  Iri itu tidak baik. Iri tanda tak mampu, jangan merasa iri dengan orang yang lebih baik dari kita, teruslah berusaha.
Ø  Ingatlah, tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah. Orang yang memberi maaf akan kesalahan orang lain kepadanya jauh lebih mulia dari orang yang meminta maaf.
Itulah tadi drama singkat tentang persahabatan yang bertema pendidikan ke-2 dalam blog ini.
Terima kasih atas kunjungan teman-teman di blog saya. Semoga isi blog saya ini bermanfaat untuk semuanya. Aamiin…
Sekian dan Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

No comments: