Thursday 29 May 2014

DRAMA TEMA PENDIDIKAN UNTUK 5 ORANG ke-1



Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
Hai Sahabat Blogger! Apa kabar??
Udah lama nich gak nge-posting.
Kali ini aku mau bagi postingan yang ke-12. Selamat membaca yach!!
“KALAU TEMAN JANGAN MARAH“
Karya: Nur Titi Irdah
Persahabatan tak selamanya berjalan mulus. Dalam sebuah persahabatan pasti terdapat konflik didalamnya. Antara satu individu dengan individu lainnya. Kepercayaan adalah satu kunci dalam mempererat persahabatannya. Seperti halnya persahabatan antara Chaca, Dinda, Tasya dan Sri yang tidak berjalan mulus seperti cerita drama persahabatan di dunia dongeng.
Pagi itu, di dalam kelas XI IPA 5, Dinda, Tasya dan Sri sedang berbincang-bincang wajarnya anak perempuan lainnya jika bertemu sahabatnya alias “ngerumpi”. Jam dinding sudah menunjukkan pukul 07.15 wita. Namun, teman mereka, Chaca belum juga datang.

Dinda      : Duh , Chaca mana sih guys? udah jam berapa ini? (sambil melirik jam tangannya)
Tasya     : tau tuh si Chaca,elo kayak gak tau dia aja din, dia kan miss lelet hahaha
Sri         : (sambil menepuk pundak dinda) sabar aja Dinda. Paling si Chaca telat bangun lagi, yakin dia pasti dateng kok. Emang kenapa kamu khawatir begini sama si Chaca? Gak kayak biasanya.
Dinda      : Ah, sumpah yah bete’ gue! ( menopang tangannya di atas perut) Ish, gue? Khawatir? Sama si Chaca? Gak gitu kali, kan kita bentar harus ngumpulin tugas makalah matematika. Gue kan satu kelompok ama dia terus dia yang pegang makalah.”
Tasya     : Lah , terus? (memotong penjelasan Dinda)
Dinda      : Bego’ banget sih lo. Lo tau kan dia pelupa banget. Awas aja sampai lupa bawa makalah.”
Di tengah perbincangan mereka tiba-tiba ........

Chaca     : “Hey, guys ! pagi !! ( kedatangannya mengagetkan teman-temannya)”
Sri         : “Ya ampun, Cha. Kamu itu ya kebiasaan jailnya ngengagetin kita pagi-pagi (mengelus dada)”
Chaca     : “Hahaha....sorry sorry deh. Elo kayak gak tau gue aja deh. Eh lagi ngomongin apa sih? Seru banget! Ngomongin gue yah? Hayo ngaku.”
Tasya     : “(mencubit Chaca) ih, pede banget loh cewek jadi-jadian. Hahaha...”
Dinda yang sedari tadi sebal menunggu Chaca pun berkata....
Dinda :“Woy, Cha. Lo bawa makalah kita kan?(sambil memasang wajah khawatir)”
Chaca     : ”Oh, makalah matematika? ahh, tenang aja gue bawa kok. Slow aja mamen....manyun mulu lo!”
Dinda      : “Syukur deh. Gue kira elo lupa. Elo kan pelupa banget jadi orang. Awas aja yah kalau bohong.”
Chaca     : “Ok tunggu. Santai aja kelles (sambil merogoh tasnya)”
Dinda      : “Mana? lama amat.”
Chaca     : “Tunggu bentar ah. Pasti ada kok! (memasang wajah khawatir) waduh, mana yah ?
Dinda      : “Jangan bilang lo lupa, Cha ?”
Chaca     : “Ahh nggak kok. Tapi… kayaknya lupa sih! Hehehe maaf, Din! (sambil tertawa masam dan menggaruk kepalanya)”
Tasya     : “Cha...Cha... Nggak pernah berubah-berubah loh yah .. Hahaha”
Sri         : “Yoh wes, mau diapain lagi ? Sabar aja Din. Hm … Kamu sih Cha, jadi orang teledor banget. Kamu juga Din, udah tau Chaca pelupa,masih aja dipercayain.”
Dinda pun memasang wajah cemberutnya dan wajahnya menjadi warna merah padam menahan amarah.
Tasya     : “Untung kita satu kelompok yah Sri. Gak ribet kayak mereka berdua. (sambil mengetos tas Sri).”
Sri         : ”Hihih iya tasya.”
Dinda      : ”Oh my to the god. Terus gue harus gimana? Loh taukan Cha, gimana bu meli? Bayangin mukanya aja udah bikin bete’. Bisa-bisa kita dihukum habis-habisan gara-gara nggak ngumpulin tugas.”
Chaca     : ”He! to the lo … Din! Yah sorry. Namanya juga manusia biasa pasti ada kekhilafan..!!”
Sri         : ”Udah-udah. Tuh Bu Meli udah dateng. Yo wes balik ke tempat kalian duduk aja.”
Mereka pun duduk di tempat mereka masing-masing.
Dinda      : ”Pingky swear, kitty swear, banana, cherry, strawberry swear.” Mati deh gue gara-gara eluh nih, Cha!
Chaca     : ”Yeh, santai aja kelles! .”
Ibu Meli pun masuk kedalam kelas XI IPA 5. Seperti biasa dengan memasang wajah super juteknya.
Ibu Meli   : ”Selamat pagi anak-anak.”
Murid      : “Selamat pagi Bu.”
Ibu Meli   : ”Baik. Pagi ini sesuai dengan janji Ibu, Ibu akan membagikan hasil ulangan kalian minggu lalu. Tapi, sebelum itu kalian kumpulkan makalah fungsi trigonometri yang ibu tugaskan minggu lalu. Kumpulkan sesuai urutan kelompok.”
Tasya dan Sripun mengumpulkan tugas mereka serta murid lainnya,kecuali kelompok Chaca dan Dinda.
Chaca     : ”Din gimana nih? Takut gue.(menoleh ke arah Dinda).”
Dinda      : ”Tau ah,bete gue ama elo. Kalo kita sampai di hukum awas aja ye loh.”
Chaca     : ”Yeh. Udahan kek nyalahin gue. Masa gue mulu. Emang lo berani ama gue? Banyok lo ama gue!”
Dinda      : ”terus salah siapa? Salah nenek gue ? tetangga gue? Atau kucing gue? yah, takut juga sih gue. Huh , mentang-mentang elo anak karate sabuk item, songong lo!! ”
Chaca     : ”Seriusan Loh mau nyalahin nenek elo? hahaha”
Sri         : ’’Hushh…”
Setelah semuanya mengumpulkan tugasnya Ibu Meli pun berkata
Ibu Meli :“Baik . setelah ibu lihat,kenapa ada satu kelompok yang kurang? Siapa yang tidak mengumpulkan tugas hari ini?”
Dengan terbata-bata Chaca dan Dinda mengacungkan tangannya
Chaca dan dinda     : ”Ssa...ya..Bu! (berdiri mengacungkan tangan dan tertunduk lesu).”
Ibu Meli         : ”Chaca! Dinda! Berikan alasan sama Ibu,kenapa kalian tidak mengumpulkan tugas?Hah? (memukul meja).”
Dinda      : ”Mmaaf...maaf Bu. kita nggak ngumpulin tugas bukan karena sengaja kok, Bu!”
Ibu Meli   : ”terus kenapa? Hah?
Dinda      : ”Chaca lupa Bu bawa makalahnya (tertunduk lesu).”
Ibu Meli   : ”Chaca!!! Punya alasan kamu? Benar apa yang dikatakan oleh Dinda? (sambil menopang tangannya dipinggang)
Chaca     : ”Iya Bu... Maaf Bu.. saya nggak sengaja. Saya khilaf”
Ibu Meli   : ”Baik Chaca, Dinda. Kalian taukan bagaimana karakter saya? Apa konsekuensi dari setiap kesalahan? Hah?
Chaca dan Dinda     : ”Iya Bu... tau.” (serentak)
Ibu Meli   : “Setiap kesalahan memiliki konsekuensi. Sekarang kalian berdua pergi ke toilet, dan bersihkan toilet itu sampai bersih. Seekaaraang !!!” (sambil menunjuk kearah pintu keluar kelas)
Chaca dan Dinda : “Iiyaah Bu. (keluar menuju toilet sambil berlari kecil).”
Mereka berduapun pergi menuju ke toilet. Namun,sepanjang jalan mereka berselisih kecil.
Dinda :“gara-gara elu nih!! (menyenggol Chaca).”
Chaca :“ Oh, jadi seperti itu? Yeh, udah kali yah . dari tadi mulut loh nyerocor mulu . sakit telinga gue dengerin lo.” (sambil menunjuk ajah Dinda)
Dinda :“Eh elo yeh. Ok fix,gue bete maksimal sama elo!”
Chaca :“(Menutup telinganya sambil bersenandung) hahahaha ... Gue nggak denger.. nanananananaaa (berjalan mendahului Dinda).”
Akhirnya,merekapun sampai di toilet. Lalu mengambil perkakas kebersihan dan mulai membersihkan toilet. Tapi, tetap saja mereka bertengkar disituasi tersebut.
Tanpa sengaja kaki Dinda tersandung pada sapu yang dipegang oleh Chaca ketika Dinda lewat di sebelahnya.
Dinda : “Auhh sakit (meringis kesakitan sambil memegang lututnya).”
Melihat Dinda terjatuh Chaca pun menghampiri Dinda .
Chaca : “Eh, elu kenapa?(menghampiri Dinda).”
Dinda : “Alah nggak usah sok baik deh loh sama gue!!  (menepis tangan Chaca).”
Chaca : ”Ih loh kenapa sih? Di tolongin malah nyolot. ishh”
Dinda : “gue jatuh kan gara-gara elo. Lo sengaja kan taro sapu di situ?”
Chaca : “Ih,kok gue? Mana gue tau loh di situ? Yeh... lo jatuh udah takdir kali yee!! ”
Dinda : “Alah,ngeles lagi loh kayak bajaj ajah. huh...”
Chaca : “Yeh, elo aja tuh yang terlalu manja. Yah udah ah, gue tadi mau nolongin elo jadi nggak jadi. Nyerocos aja mulut loh!(sambil menopang pinggang). Hm…… semuanya sudah beres,mau ke kelas ahh. (melirik si Dinda dengan lirikan mengejek).”
Baru dua, tiga langkah Chaca berjalan meninggalkan toilet untuk menuju kelas Dindapun berteriak
Dinda : “Chaca... elo jahat banget sih sam gue? Loh nggak mau nolongin gue? Lutut gue sakit banget nih ! (sambil memegang lututnya yang biru lebam).”
Chaca : ”oh, mau di tolongin? Bilang kek dari tadi haha. Eits, tapi ada syaratnya…’’
Dinda : “nolong doang pake syarat segala lo!’’
Chaca : “yaudah, kalo nggak mau’’
Dinda : “eh, tunggu. Iyadeh syaratnya apa?’’
Chaca : “gampang kok. Bilang aja “chaca cantik, tolongin gue dong” (kata chaca sambil tersenyum licik  dihaapan dinda)
Dinda : “oh my to the god! Fix maksimal yah. Habis ini, gue benci banget sama lo, cha! Iseng banget lo! Mmm.. tapi, yaudah deh, chaca cantik tolongin gue dong!” (sambil menyodorkan tangannya ke chaca)
Chaca : “nah gitu dong. Sini-sini.” (chaca memopong dinda menuju UKS) elo berat bingit sih! Kayak gajah!’
Chaca pun mengantar dinda menuju uks. Namun sebelum sampai di uks, ditengah perjalanan mereka bertemu sri dan tasya.
Sri     : “eh cha! Dinda kenapa toh? Pincang begitu.”
Tasya: “iyah  nih, elo kenapa din? Habis bentrok lo di toilet ? hahah.”
Chaca: “ hush, elo mah jangan banyak nanya yeh! Bantuin sini  nih anak beratnya masya allah!”
Tasya:  “ho’oh, sini deh gue bantuin. Sri elo duluan ke uks aja siapin obat merah.”
Sri: “ok sip”
Mereka berempat pun melanjutkan menuju uks. Ssampainya di uks, sri pun dengan cepat mengambil kotak p3k yang ada di lemari di sudut ruangan itu. Lalu tasya dan chaca mendudukkan dinda di kursi
Tasya: “sri, kotak p3knya mana?”
Sri     : “ini nih!” (sambil member kotak p3k yang berisi obat merah penutup luka kepada tasya)
chaca : “sini deh, gue aja yang ngobatin si centil ini!”
dinda : “pelan-pelan yah, cha. Tangan elo kan kasar ‘’ bingit”. ”
chaca : “iya. Bawel banget sih loh.”
Chaca pun membuka tutup botol obat merah dan menuangkannya ke sebuah kapas dan menempelkannya ke lutut dinda.
Dinda : “auww. Cha! Pelan-pelan sakit nih!” (meringis kesakitan)
Chaca : “iyah gajah. Ini juga udah pelan.”
Sri     : “hahay, eh kalian belum cerita  kenapa kenapa bisah kayak gini toh?”
Dinda : “si chaca tuh. Sengaja taruh sapu senbarangan supaya gue kesandung.”
Chaca : “yeh, enak ajah nuduh-nuduh. Orang emang gue lagi nyapu elonya lewat gitu ajah. Mana gue tau elonya mau lewat. Elonya jalan ngak pake  mata sih.”
Dinda: “idih, jalan? Pake mata? Dimana-manah mah   yah orang jalan pake kaki, dongo!”
Chaca dan dinda pun kembali terlibat adu mulut seperti biasanya. Dengan sigap tasya dan sri pun melerai mereka berdua.
Sri     : eh,eh. Ada apa lagi nih ? sayakan Cuma nanya, eh malah bertengkar.”
Tasya: “iyah nih, kalian berdua itu yah. Kayak tom and jerry kerjaannya berantem mulu.”
Chaca: “Dia nih yang duluan! Udah ditolongin gak tau terimah kasih. Malah  nuduh-nuduh lagi. Ih Gue “gibeng” juga lo.”
Dinda: “ih, apaan sih, chaca, jahat  “bingit” deh! Bye maksimal!”
Chaca: “well to the well well well. Terserah elo aja yeh. Apa kata elo.”
Tasya: “udah dong, udah. Kita kan sahabatan masa kalian berantem mulu.”
Sri    :  “iya, ayo baikan. Kita kan sahabatan . gak baik musuh-musuhan. Ayo dinda, chaca.”
Sri meraih tangan chaca  dan dinda dan menyuruh mereka berdua bersalaman.
Sri    : “ayo salaman.”
Dinda: “males gue ah. Masa gue duluan.”
Chaca: “idih, amit-amit kelles gue yang duluan “
Tasya  : “ayolah…..”
Chaca  : ”iya deh, karena gue merasa paling cantik disini, gue minta maaf deh, Dinda!” (sambil menyodorkan tangannya kearah Dinda)
Dinda  : “idih, apa sih elo. minta maaf aja pake narsis segala hahah.” (meraih tangan chaca dengan tawanya)
Sri      : “ nah gitu dong”
Tasya : “iya, sri. Kalau mereka berdua baikan enak banget yah di liatnya” (merangkul bahu sri)
Sri     : “hihih.. iya.”
Dinda : “ gue minta maaf  yah, cha. Karena selama ini gue terlalu negative thinking sama elo. Soalnya elo sih nyebelin banget. Udah pelupa, kasar, masa bodoh, perempuan jadi-jadian lagi. Tapii, elo tetep sahabat gue dong !”
Chaca : “hahah,iya din! Gue jga minta maaf sama elo selalu pengen bunuh elo hahah. Soalnya elo juga yang nyebelin. Centil banget, cerewetnya minta ampun, nyerocos kagak ada titik koma, kayak  nenek sihir. Tapi elo juga tetap sahabat kok.”
Chaca dan dinda pun saling berpelukan, karena mereka akhirnya berbaikan. Di tengah kehagiaan mereka tiba-tiba ibu meli datang..
Ibu meli: “wah, kejutan sekali. Chaca dan dinda berbaikan.ternyata ibu tidak salah memberi kalian hukuman supaya kalian mendapat hidayah.”
Chaca   : “ah, ibu bias ajah nih.”
Dinda   : “iya nih, ibu narsis”
Ibu meli : ”nah, jadi kalian jangan bertengkar lagiyah. Kalian kan semua bersaudara, tidak ada alasan untuk saling menyakiti satu sama lain.”
Sri       : “yah.. bener tuh bu.”
Tasya  : “iya walaupun karakter kita berbeda-beda tapi kita tetap satu.”
Chaca  : “ah, kok jadi so sweat begini sih”
Dinda  : “iya pada kena virus dramaqueen nih”
Sri      : “hahah, jadi intinya jangan cepat negative thinking sama teman kita  sendiri, Cuma gara-gara masalah sepele.”
Chaca, sri, dinda, dan tasya: “kalo teman jangan marah!!! Satu..duaa..SAHABAT SELAMANYAAAAA..!!!!’’
Mereka berempat pun berpelukan dengan bahagia. Ibu meli pun ikut bahagia melihat siswanya itu.
Akhirnya mereka pun akur, begitu pula dengan chaca dan dinda. Jadi dalam persahabatan itu harus di bangun rasa percaya, tanggung jawab, dan kasih sayang. Walaupun memang, pertikaian dalam sebuah persahabatan itu wajar dan tidak bisa di hindari. Namun, bukan alasan untuk saling menyakiti satu sama lain. Dan ingatlah, jaga apa yang ada saat ini terutama sahabat kita, jangan sampai mereka pergi dan membuat kita menyesal.

Itulah tadi drama singkat tentang persahabatan yang bertema pendidikan.
Terima kasih atas kunjungan teman-teman di blog saya. Semoga isi blog saya ini bermanfaat untuk semuanya. Aamiin…
Sekian dan Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

No comments: