Wednesday 12 March 2014

MAKALAH TENTANG PT. SEMEN BOSOWA MAROS



Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
Hai Sahabat Blogger!! Apa kabar??
Ketemu lagi dengan blog ini pada postingan kelima, semoga bermanfaat!!

KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kemampuan kepada kami untuk menyelesaikan makalah ini. Makalah ini tentang laporan hasil pengamatan dari kegiatan study tour, makalah ini bertujuan untuk memenuhi dan melengkapi tugas Ekonomi kelas X selain  itu agar si pembaca mengetahui  lebih mendalam tentang kegiatan yang kami lakukan selama study tour.
Dalam menyelesaikan makalah ini, kami mengambil informasi dari berbagai sumber  maupun  berbagai pihak. Oleh karena itu penulis sangat berterima kasih kepada yang terhormat.
1.   Guru mata pelajaran Ekonomi, Ibu Hawati  ,S.Pd.
2.  Orang tua yang kami sayangi,
3.  Berbagai pihak yang terlibat, serta
4.  Kawan-kawan seperjuangan
      Penulis menyadari dalam menulis makalah ini masih sangat belum dikatakan Sempurna, maka dengan kerendahan hati  di mohon saran, kritik, serta nasihat yang bersifat membangun serta bimbingan dari si pembaca agar dapat lebih di sempurnakan dalam makalah ini.

Watampone, 30 April 2013



Penulis

Description: tuban-mining.jpgDAFTAR ISI
Kata Pengantar....................................................................................................1
Daftar Isi.............................................................................................................2
BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang....................................................................................3
B.   Tujuan/Manfaat.................................................................................4
C.   Lokasi Pengamatan............................................................................4
BAB II PEMBAHASAN………………...
A.  Sejarah PT. Semen Bosowa Maros....................................................5
B.  Filosofi Bosowa Corporation..............................................................7
C.  Syarat-Syarat Dan Isyarat………………………………………….15
D.  Nilai-Nilai Perusahaan…………………………………………….15
E.  Visi dan Misi………………………………………………………..15
F.  Struktur Organisasi…………………………………………………16
BAB III PENUTUP………………………………………………………….17
A.  KESIMPULAN……………………………………………………17
B.  SARAN……………………………………………………………..18
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………….19

BAB II PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
PT Semen Bosowa Maros adalah perusahaan semen yang menguasai produksi di Indonesia bagian Timur selain, PT. Tonasa. Bosowa berasal dari 3 kata yaitu BO berarti bone, SO berarti Soppeng, dan WA berarti Wajo.  satu-satunya korporasi swasta nasional yang memproduksi semen di KTI. Selebihnya, industri semen diramaikan oleh investor asing dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  PT Semen Bosowa Maros menargetkan investasi senilai Rp6,5 triliun hingga 2015.investasi itu terkait upaya perseroan meningkatkan produksi semen hingga 10 juta ton per tahun, atau sebesar 20% dari total kebutuhan semen nasional pada 2015.Investasi tersebut tidak lepas dari niat manajemen perusahaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur, Bosowa akan mengambil bagian dalam mendukung upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah mendorong pembangunan infrastruktur, utamanya di kawasan Timur Indonesia (KTI).Sementara itu, investasi yang disiapkan untuk membangun Kiln Plant Line 2 atau pabrik tahap dua di Maros mencapai US$310 juta atau sekitar Rp3 triliun.Pabrik itu nanti akan memproduksi bahan baku semen atau klinker, sebesar 5,2 juta ton per tahun.Saat ini total produksi Semen Bosowa mencapai 3,2 juta ton per tahun. Diperkirakan, bila Kiln Plant Line 2 ini tuntas pada 2014, maka total produksi Semen Bosowa akan mencapai 10 juta ton per tahun pada 2015. sumber pendanaan proyek tersebut 70% berasal dari perbankan dan sisanya dari dana internal perusahaan. Diproyeksikan, pembangunan proyek ini tuntas dalam dua tahun ke depan dan diharapkan pada 2014 sudah bisa produksi.
Saat ini total produksi klinker Bosowa mencapai 2,5 juta ton per tahun. Bosowa memiliki dua pabrik semen, masing-masing di Maros melalui PT Semen Bosowa Maros dan PT Semen Bosowa Indonesia di Pulau Batam.PT Semen Bosowa Maros memproduksi semen sebesar 2,5 juta ton per tahun. Selain di Maros, Bosowa juga tengah membangun grindingplant semen di Banyuwangi, Jawa Timur, berkapasitas 1,5 juta ton dengan investasi mencapai Rp1 triliun.Proyek ini diharapkan tuntas dan siap produksi pada akhir 2013.  Pihaknya juga berencana membangun pabrik di beberapa wilayah lain di Indonesia, baik di KTI maupun kawasan Barat Indonesia.
B.  Tujuan / Manfaat
Agar si pembaca mengetahui tentang kegiatan kami selama melakukan Study Tour di PT. Semen Bosowa Maros, selain itu si pembaca juga lebih mengetahui informasi tentang PT. Semen Bosowa Maros dan lebih tahu tentang pabrik tersebut. Karena, kita patut berbangga hati mempunyai pabrik sendiri di Sulawesi Selatan dan menguasai di Indonesia Timur.
C. Lokasi Pengamatan
Lokasi : PT.Semen Bosowa Maros
Waktu : 11.37 WITA
Hari/tanggal : Rabu, 27 Maret 2013

BAB II PEMBAHASAN
A.  Sejarah Awal PT. Semen Bosowa Maros
Pada tahun Dekade 1980an ditandai oleh perkembangan Bosowa menjadi distributor otomotif terkemuka di kawasan Indonesia Bagian Timur, serta awal dari perkembangan kelompok usaha Bosowa. Tahun 1990an Bosowa berkembang ke arah manufaktur dengan pendirian Pabrik Semen Bosowa Maros, termasuk mengamankan jalur distribusi dengan mendirikan usaha jasa perdagangan dan transportasi melalui PT Bosowa Trading International, PT Bosowa Lloyd dan PT Mallomo Transporindo. Sejak tahun 2000 kelompok usaha Bosowa terus mengembangkan sayap bisnisnya, antara lain dengan pendirian Pabrik Semen Bosowa Batam memasuki sektor usaha pengembangan dan pengelolaan infrastruktur.Tahun 2006 ditandai oleh pergantian tampuk pimpinan Bosowa Corporation dari generasi pendiri, H. Aksa Mahmud, ke generasi penerus, H. Erwin Aksa, sebagai Chief Executive Officer; sekaligus pencanangan program transformasi menuju Bosowa Excellence.
2007 Bosowa Corporation mengemban misi baru, yaitu “Menjadi Berkat bagi Masyarakat Indonesia dengan Semangat Kepeloporan Indonesia Timur.” Pada tahun ini juga, Bosowa Agro Industries memasuki bisnis usaha kelapa sawit dengan pengembangan lahan di Sulawesi Selatan.Pada 2008 PT Bosowa Energi memperoleh fasilitas kredit perbankan sebesar US$50 juta untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga batubara berkapasitas 2 x 125 MW di Jeneponto, Sulawesi Selatan.

PENDIRI
Bosowa Corporation didirikan oleh HM Aksa Mahmud, dengan semangat muda dan dorongan energinya yang pada tahun 1970an melandasi arah perusahaan untuk berkembang menjadi kelompok usaha terbesar yang berasal dari kawasan Indonesia Timur. Didasari oleh jiwa kelautan dan kekuatan suku Bugis – yang mengarungi laut sampai Madagaskar dan Australia dengan kapal Phinisi – Bosowa ditakdirkan untuk maju dan tumbuh menjadi besar.
CEO
Pucuk pimpinan dialihkan kepada H Erwin Aksa pada tahun 2006. Sebagai CEO dengan latar belakang pendidikan ekonomi dari Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat, Bosowa Corporation mengalami perubahan signifikan dengan menekankan professionalisme, efisiensi dan target hasil yang terarah serta perencanaan jangka panjang yang matang dengan mencanangkan periode tahun 2015 sebagai era ‘lepas landas’ menuju Bosowa Excellence.

B.  Filosofi Bosowa Corporation.
Bekerja keras, artinya berfikir secara efisien dan efektif, bekerja dengan penuh tanggung jawab, inovatif, kreatif, mandiri serta berorientasi pada kualitas kerja yang prima.Belajar terus, artinya selalu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasannya. Sadar akan tuntutan profesionalisme, tanggap akan perubahan serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan.Berdoa, artinya selalu memohon perlindungan dan berkah dari Allah, Tuhan YME, selalu mensyukuri nikmat-Nya, bekerja diyakini sebagai ibadah, selalu optimis melihat persaingan hidup kerena yakin rahmat Allah ada di mana-mana.Awal Mula Bosowa Corporation.Kelompok usaha Bosowa berawal dari didirikannya CV Moneter, sebuah perusahaan yang bergerak dalam usaha perdagangan pada tanggal 22 Februari 1973. Nama “Bosowa” berasal dari akronim Bone, Sopeng, dan Wajo, tiga kerajaan di tanah Bugis masa lalu yang terletak di teluk Bone di pantai timur Sulawesi Selatan, Soppeng di dataran tinggi, dan Wajo di sekitar danau Tempe. Pendiri H.M. Aksa Mahmud, melandasi arah perusahaan untuk berkembang menjadi kelompok usaha terbesar yang berasal dari kawasan Indonesia Timur. Didasari oleh jiwa kelautan dan kekuatan suku Bugis – yang mengarungi laut sampai pantai Australia dan Madagaskar dengan kapal Phinisi – Bosowa ditakdirkan untuk tumbuh menjadi besar.
Pengembangan bosowa tidak hanya pada produksi semen, tetapi juga pada beberapa sektor yaitu :
Visi semen bosowa Maros yang tambah dan berkembang di era reformasi, dengan dinamis menyongsong era. Pendapatan PT.Semen Bosowa Maros 120 miliar/bln, pembayaran listrik 20 miliar/bln, dan kami memproduksi semen sebanyak 250 ton/jam.
Nama semen portland pertama kali dipatenkan oleh “Joseph Aspidin”. Semen adalah bahan yang mempunyai sifat adhesive dan kohesive yang digunakan sebagai bahan pengikat yang dipakai bersama-sama anggreate.
Jenis-jenis semen :
1.   Semen portland
2.  Semen campur
3.  Semen putih
4.  Oil well cement
5.  High alumina cement
6.  Semen anti bakteri
7.  Water proo

Produk semen bosowa :
              Description: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRXSz6BCZ6kz6H87YBkQqRDmMrf2ioJbRiLLoybXgvS-qhaqKg0
Semen portland merupakan semen hydaulisis yang dihasilkan dari bahan baku menjadi porland composite cement yang terdiri dari batu kapur ± 8%, tanah liat ± 10%, silika ± 9%, dan pasir besi ± 1%.
Proses pembuatan semen yaitu:
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\Tonasa.jpg
Tempat di hancurkannya batu khars
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\67041567.jpg
Semen yang telah dihancurkan akan melewati pipa ini menuju proses selanjutnya
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\PT Boswa Mining Maros(perawatan perbaikan Panel Listrik).JPG
Pengangkutan bahan material lain untuk dihancurkan dan di campur bahan lain
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\83.jpg
Tempat pencampuran seluruh bahan pembuatan semen
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\20121113_PLTU_Pangkalan_Bun_2442.jpg
Tempat pembakaran bahan material
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\compact_pltu_jeneponto.jpg
Tempat penampungan semen yang sudah dicampur kemudian dikemas
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\berita.jpg
Seluruh mesin di control melalui computer system
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\BB56E765C584F1C40256294F84F.jpg
Tempat pengecekan dan penghitungan semen sebelum didistribusikan
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\compact_atk_1404.jpg
Pengangkutan barang keatas mobil
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\a7393127c6f80de84559517edaef8d02.jpg
Penurunan barang di pelabuhan
Description: D:\document\foto tgas study tour\PT. Semen Bosowa Maros\show_image_NpAdvMainFea.php.jpg
Pengangkutan menuju kapal untuk di distribusikan diberbagai daerah
Pemasaran produk semen bosowa hanya di wilayah indonesia tengah  karena, lebih dekat dengan pabrik asal, sedangkan di WITA hanya 2 pendiri dan selain menguntungkan letak geografis tetapi juga pesaingnya lebih sedikit. Setiap karyawan yang bekerja di pabrik ini mendapat Jaminan keselamatan karyawan yang telah dijamin oleh perusahaan,seperti keselamatan kerja,kesehatan,dll.Kendala yang kadang terjadi pada pabrik kami seperti alat rusak, perizinan sertifikasi tiap beberapa bulannya, dan kami menerima karyawan yang pendidikan minimal SMA/SMK. Adapun untuk mencapai maksimum dalam proses produksi kami menggunakan sinergi dan bila ada kerusakan akan langsung ditangani.
C. Syarat-Syarat Untuk Memasuki Pabrik Dan Arti Isyarat Pembunyian Sirine
a.  Syarat-syarat untuk memasuki pabrik
Setiap orang yang masuk dalam pabrik akan dijamin keselamatannya, seperti karyawan, management, staff, dll. Persyaratan orang tersebut juga harus menjaga keselamatannya, seperti tidak merusak alat-alat pabrik dan lain-lain.
b.   Arti isyarat pembunyian sirine
Pembunyian sirine dilakukan 3 kali yaitu pembunyian peledakan, akan dilakukan peledakan, dan setelah peledakan. Apabila sirine berbunyi lebih dari 1 menit berarti telahterjadi EMERGENCI, dan sudah ada tempat untuk keselamatan diri untuk berlindung.
D. Nilai-Nilai Perusahaan
Nilai-nilai perusahaan di PT. Semen Bosowa Maros yaitu:
1.   Belajar Tanpa Akhir
2.  Kerjasama
3.  Berjiwa Melayani
4.  Menjadi Terbaik
E.  Visi dan Misi
Visi Perusahaan
Menjadi pemain utama ekonomi nasional yang didukung oleh tenaga kerja yang prima, produk berkualitas, pelayanan terbaik, dan sistem yang terintegrasi.
Misi Perusahaan
Memberi berkah bagi masyarakat dengan membangun kepeloporan ekonomi nasional.

F. Struktur Organisasi
Description: http://www.bosowa.co.id/asset/image/Struktur_organisasi_indonesia---edit.jpg
BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
      Nama semen Portland pertama kali di patenkan oleh Joseph Aspidin. Bosowa merupakan singkatan dari Bone Soppeng Wajo. Yang didirikan pada tahun 1995 dan memulai produksi pada 16 April 1999. PT. Semen Bosowa Maros mempunyai sebuah visi dan misi.
      Semen adalah bahan yang mempunyai sifat adhesive dan cohesive yang digunakan sebagai bahan pengikat yang dipakai bersama-sama anggreate. Sedangkan semen Portland merupakan semen hydraulisis yang dihasilkan.
      PT. Semen Bosowa Maros member jaminan keselamatan terhadap para pegawai, seperti jaminan keselamatan kerja, kesehatan, sll. PT. Semen Bosowa Maros memiliki jenis-jenis semen sebagai berikut:
1.   Semen Portland
2.  Semen campur
3.  Oil well cement
4.  High alumina cement
5.  Semen anti bakteri
6.  Water proo
      Dan dua macam produk sebagai berikut:
Description: http://www.asi.or.id/foto_berita/98pcc-dan-type-1.jpg              Description: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRXSz6BCZ6kz6H87YBkQqRDmMrf2ioJbRiLLoybXgvS-qhaqKg0
PT. semen Bosowa Maros juga memiliki persyaratan sebagai berikut:
-          Standar Nasional Indonesia
-          SNI.15-2049 ---- Semen Portland Tipe I
-          SNI.15-7064 ---- PCC

B.  Saran
     Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
      Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman.
DAFTAR PUSTAKA
     www.bosowa.co.id
      www.semenbosowa.blogspot.com
      tamabahin juga alamat blog aku yach!!

Sekian dan terima kasih telah mengunjungi dan mebaca postingan ini!!
Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

No comments: