Friday 17 October 2014

SEBAB TURUNNYA SURAH AL-KAFIRUN



Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
Hai Sahabat Blogger! Apa kabar?? Maaf yach baru bisa nge-posting lagi :)
Kali ini aku mau nge-pos yang ke 18. Mudah-mudahan bermanfaat :)
SEBAB TURUNNYA SURAH AL-KAFIRUN
          Beberapa tokoh kaum kafir (kaum musyrikin) di Mekah seperti Al-Walid bin Al-Mugirah, Aswad bin Abdul Muttalib dan Umayyah bin Khalaf, datang kepada Nabi Muhammad SAW. menawarkan kompromi yang menyangkut pelaksanaan peribadahan. Mereka mengusulkan, agar Nabi Muhammad SAW. dan umat Islam mengikuti
kepercayaan mereka dan mereka pun akan mengikuti agama Islam. Mereka berkata “Wahai Muhammad, bagaimana jika kami menyembah Tuhanmu selama satu tahun dan kamu juga menyembah Tuhan kami selama setahun. Jika agamamu benar, kami mendapat keuntungan, karena kami juga menyembah Tuhanmu, dan jika agama kami yang benar, kamu juga tentu memperoleh keuntungan.” Mendengar usul kaum kafir itu Rasulullah SAW. dengan tegas menjawab, “Aku berlindung kepada Allah agar tidak tergolong orang-orang yang bersikap dan berperilaku syirik atau menyekutukan Allah.”
          Untuk mempertegas penolakan Rasulullah SAW. tersebut, kemudian Allah SWT. menurunkan Surah Al-Kafirun. Setelah Rasulullah SAW. menerima Surah Al-Kafirun ini, lalu Beliau mendatangi tokoh-tokoh kaum kafir (musyrikin) Mekah, yang waktu itu sedang berkumpul di Masjidil Haram. Di hadapan mereka Rasulullah membacakan Surah Al-Kafirun ayat 1-6 dengan mantap dan lantang, sehingga mereka menyadari bahwa usul mereka untuk berkompromi dalam keimanan dan ibadah agama, ditolak oleh Rasulullah SAW. dan umat Islam.
Itulah artikel yang sempat saya posting.
Terima Kasih atas kunjungannya J
Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

No comments: